UNIVERSITAS BATTUTA SELENGGARAKAN LOMBA PIDATO DIGITAL

258

Pandemi Covid-19 masih membayangi kehidupan kita, utamanya di dunia pendidikan. Proses belajar mengajar yang selama ini dilakukan secara tatap muka, dipaksa harus menggunakan metode dalam jaringan (daring). Dampak yang dirasakan ini dialami oleh para siswa, mahasiswa, guru, tenaga pendidik bahkan orang tua. Sudah setahun lebih proses pembelajaran dilakukan dengan jarak jauh. Imbasnya, banyak orang tua mengeluhkan ilmu yang didapat anaknya selama pembelajaran, sedangkan biaya pendidikan tetap harus dibayarkan.

Melihat fenomena tersebut, Universitas Battuta menyelenggarakan lomba pidato yang dilakukan secara digital, sebagai sarana penampung aspirasi para siswa/i yang merasakan dampak Covid-19 ini. Para siswa diminta untuk menyampaikan keresahannya selama proses pembelajaran, yang diiringi dengan protokol kesehatan yang ketat jika harus hadir ke sekolah, atau bahkan sama sekali tidak bisa ke sekolah alias sekolah jarak jauh.

Pengumuman pemenang Lomba Pidato Digital setelah penilaian oleh Dewan Juri

Kegiatan yang berlangsung dari 3 April 2021 ini berjalan dengan antusias. Para peserta diminta untuk membentuk tim yang diikuti siswa/i kelas XII yang berasal dari berbagai sekolah didalam dan diluar kota Medan. Kegiatan yang dikomandoi oleh M. Furqon Siregar, S.T., M.Kom., ini pada akhirnya melakukan pengumuman langsung dari Studio Podcast Multimedia secara virtual dengan aplikasi zoom meeting pada tanggal 17 April 2021 dengan mengambil juara 1-3 dan juara kategori. Para pemenang juga diminta untuk mengambil hadiah pada tanggal 20 April 2021 kekampus Universitas Battuta. Penyerahan hadiah dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Battuta, Drs. H. Margono, M.M., Rektor Universitas Battuta, Dr. Sugito, S.E., M.Si., Wakil Rektor III Universitas Battuta, Bambang Sutejo, S.Kom., S.E., M.M., dan perwakilan dewan juri yang juga Dekan Fakultas Bisnis Universitas Battuta, Slamet Widodo, S.E., M.M., MBA.

Ketua Yayasan Pendidikan Battuta dalam sambutannya pada penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Pidato Digital

Dalam kegiatan penyerahan hadiah, Ketua Yayasan Pendidikan Battuta juga memberikan motivasi kepada para pemenang lomba yang notabene siswa/i yang akan lulus dari bangku sekolah pada tahun ini.

“Tujuan kami dari Yayasan ingin membantu generasi muda bagi yang punya bakat dan punya cita-cita agar menjadi pengusaha, jadi kalau ada bakat seperti itu silahkan masuk kemari, agar kami beri ilmu dan pendidikan dan kita siapkan juga untuk magang jika diperlukan. Dan terkadang bagi yang ingin kuliah juga terganggu dengan biaya. Jangan khawatir, saya atasnama Yayasan siap membantu adik-adik yang ingin menyambung pendidikan bagi yang terkendala dari segi finansial” ujar Ketua Yayasan Pendidikan Battuta, Drs. H. Margono, M.M. dalam sambutannya.

Pengumuman disiarkan langsung dari Studio Podcast Multimedia Universitas Battuta

Kegiatan ini juga diinisiasi oleh Bambang Sutejo, S.Kom., S.E., M.M. selaku penanggung jawab kegiatan, Chairul Imam, S.Kom., M.Kom., selaku koordinator acara dan Oky Syahputra, S.Akun., M.Ak., selaku Humas dan Sekretaris. Rangkaian kegiatan ditutup dengan foto bersama dengan para pemenang dan penyerahan hadiah berupa uang tunai, piala, bingkisan, dan juga beasiswa pendidikan dari Yayasan Pendidikan Battuta yang berlaku hingga tamat.