SINERGI ANTARA UNIVERSITAS BATTUTA, DISNAKER DAN KOEKRAF SELENGGARAKAN PELATIHAN KETERAMPILAN CONTENT CREATOR

238

Revolusi industri 4.0 sebagaimana kita ketahui sudah berjalan, yang mana memaksa para pelaku usaha harus mencari cara untuk memasarkan produknya. Tentu perlu peran serta teknologi dalam hal berbisnis dan juga ide-ide kreatif dalam memasarkan produknya. Untuk itu, diperlukan SDM yang handal dalam menggunakan teknologi yang juga kreatif.

Wakil Walikota Medan, H. Aulia Rachman, S.E. dalam sambutannya pada peresmian kegiatan Pelatihan Content Creator di Universitas Battuta

Menjawab permasalahan tersebut, Dinas Ketenagakerjaan Kota Medan menyelenggarakan kegiatan Pendidikan, Pelatihan dan Keterampilan Bagi Pencari Kerja Kejuruan Content Creator di Universitas Battuta bersama dengan Komite Ekonomi Kreatif (KOEKRAF) Kota Medan. Dalam hal ini peserta berasal dari Dinas Tenaga Kerja Kota Medan. Bentuk kegiatan pelatihan ini merupakan suatu bentuk tindak lanjut MoU antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Battuta dengan Koekraf yang dilaksanakan pada November 2020 yang lalu.

Pembukaan oleh Kadisnaker, Dra. Hannalore Simanjuntak

Kegiatan Pendidikan, Pelatihan dan Keterampilan Bagi Pencari Kerja Kejuruan Content Creator ini dibuka oleh Bapak Wali Kota Medan yang di wakili oleh Bapak Wakil Wali Kota Medan Bapak H. Aulia Rahman, S.E., Ibu Kadisnaker Kota Medan Ibu Dra. Hanna Lore Simanjuntak, dan Ibu Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Medan, Dra. Edliaty, M.AP. Turut hadir juga Yayasan Universitas Battuta Drs.. H. Margono.SE.,M.M., Rektor Universitas Battuta Bapak Dr. Sugito Hadi,SE.,M.Si, Bapak Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Bapak Slamet Widodo,SE.,M.M.,M.BA berserta Bapak/Ibu Wakil Rektor dan Bapak/Ibu Ketua Program Studi Universitas Battuta berserta seluruh civitas akademika Universitas Battuta.

Dalam sambutannya, Wakil Walikota Medan memberikan motivasi kepada para peserta untuk berpikir lebih kreatif, karena Content creator saat ini sedang booming, bukan hanya dari podcast. Kegiatan ini digagas oleh F. Andre, Art., S.T., selaku Ketua Komite Ekonomi Kreatif kota Medan dan Aditya, S.T., selaku Sekretaris Komite Ekonomi Kreatif kota Medan.

Tinjauan Laboratorium Komputer menjadi sarana pelatihan bagi para peserta

Pada kesempatan yang sama, orang nomor dua dikota Medan ini juga meninjau laboratorium Komputer Universitas Battuta yang dijadikan tempat pelatihan kepada para peserta. Kegiatan ditutup dengan penyematan tanda kepesertaan dari Wakil Walikota Medan kepada peserta lomba, dan juga pemberian cenderamata kaos T-Shirt kepada Wakil Walikota Medan dari Panitia penyelenggara. Dan tak lupa juga foto bersama Wakil Walikota Medan bersama civitas akademika Universitas Battuta dengan Kepala Dinas Ketenagakerjaan kota Medan dan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM kota Medan. Tak lupa Rektor Universitas Battuta, Dr. Sugito, S.E., M.Si. mengucapkan terima kasih kepada panitia dan dinas terkait atas kepercayaannya memilih kampus Universitas Battuta sebagai tempat pelatihan, seraya berharap bisa menjalin kerjasama lebih lanjut.